LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2018

Lomba Desa Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2018 Camat Patrol melakukan Pembinaan ke Desa Limpas sebagai salah Satu Desa yang didaulat menjadi peserta Lomba mewakili Kecamatan Patrol, tentunya setelah melalui beberapa tahapan dan seleksi serta penilaian Desa tingkat Kecamatan. Sinergitas Muspika, Desa, serta Instansi yang ada di wilayah koordinasi Kecamatan harus selaras berjalan sesuai dengan leading sektornya (on the track)

Mengingat kompleks dari Indikator serta parameter Penilaian dalam lomba tersebut sehingga diharapakan masing-masing Stake holder melakukan fungsinya dengan sebaik mungkin demi tercapainya hasil yang Maksimal sesuai dengan ekspektasi semua Pihak.

Camat patrol, Sekcam beserta Staf dalam melakukan Pembinaan tidak jarang dan tidak sungkan untuk langsung turun tangan membantu Desa dalam pembenahan baik secara administrasi maupun hal lainnya tentunya dengan harapan apa saja yang akan menjadi penilaian dalam lomba Desa tingkat Kabupaten indramyu dalam keadaan siap untuk dinilai.

Lomba Desa menjadi ajang prestige bagi semua Desa yang ada di Kabupaten Indramayu sekaligus bagi kecamatan Sebagai Instansi Pembinanya, sehingga kompetitor sangat excited terhadap adanya lomba Desa dalam tiap tahunnya sehingga berimpact terhadap kompetisi yang kompetitif. Sangat besar manfaat dari lomba ini tentunya bagi semua Desa dimana salah satu diantaranya adalah dalam Pengadministrasian Kantor mupun Administrasian Pertanggung jawaban. Lomba ini juga dijadikan sebagai parameter sejauhmana kredibilitas Desa itu sendiri tentunya di dalam penyelenggaraan pada bidang pelayanan publik maupum Bidang Pebangunan.

Indikator serta parameter Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2018

A. ADMINISTRASI UMUM                                        

1. Buku Peraturan Desa

2. Buku Keputusan Kepala Desa

3. Buku Inventaris dan Kekayaan Desa

4. Buku Aparat Pemerintah Desa

5. Buku Tanah Kas Desa

6. Buku Tanah di Desa

7. Buku Agenda

8. Buku Ekspedisi

9. Buku lembaran Desa dan Berita Desa

B. ADMINISTRASI PENDUDUK

1. Buku Induk Penduduk

2. Buku Mutasi Penduduk

3. Buku rekapitulasi Penduduk

4. Buku Penduduk sementara

5. Buku Kartu Penduduk dan Kartu Keluarga

C. ADMINISTRASI KEUANGAN DESA                        

1. Buku  (APBDes)

2. Buku Rencana Anggaran Biaya (RAB)

3. Buku kas kegiatan

4. Buku Kas Umum

5. Buku Pajak, Retribusi dan Penerimaan lainnya

6. Buku Kas Desa

D. ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

1. Buku Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes)

2. Buku Kegiatan Pmbangunan Desa

3. Buku Inventaris Hasil-Hasil Pembangunan

4. Buku Kader pemberdayaan masyarakat

 

 

Tim penilai dari kabupaten yang digawangi beberapa instansi dan dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Indramayu akan melakukan penilaian pada hari Kamis, 19 April 2018.