PELAKSANAAN GERAKAN BERSIH SAMPAH/ WORLD CLEAN UP DAY TAHUN 2019

kegiatan bersih-bersih Sedunia World Clean Up Day (WCD) yang dilakukan oleh Kecamatan Patrol dan rekan Kerja UPT. Dalduk Patrol, 19 September 2019.

World Clean Up Day, Hari bersih-bersih Sedunia di Peringati setiap 21 September serentak dilakukan oleh 157 Negara dari 192 Negara yang ada di Planet Bumi. World Clean Up Day adalah gerakan bersih-bersih terbesar di dunia. Peringatan bermanfaat ini dinaungi oleh Let’s Do It World, suatu gerakan di Estonia yang didirikan oleh para pemrakarsa asal Asia (termasuk Indonesia), Eropa, Amerika, Afrika, dan Oseania. Gerakan ini menghasilkan komitmen dari jaringan-jaringan negara yang tergabung di dalamnya untuk membebaskan planet bumi dari permasalahan sampah.

Acara ini juga di support dan dipertegas lagi oleh Pemda Indramayu yang akan memperingati Hari jadinya yang Ke-492, acara World Clean Up Day (WCD) atau bersih-bersih sedunia ini di jadikan rangkaian acara hari Jadi Pemerintah Kabupaten Indramayu. Dengan memberikan Edaran Bupati kepada SKPD yang ada di lingkungan kabupaten Indramayu untuk dapat dilaksanakan.

Pada Peringatan kali ini, 21 September 2019 Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu beserta rekan kerja melakukan kegiatan yang tidak jauh dari pada Tema itu sendiri yaitu kebersihan.

Nampak upaya yg dilakukan membersihkan halaman sampai Taman Kantor, dan pembersihan Saluran Sub bangun yang letaknya persis melintas di depan kantor kecamatan. Sebagaimana yang nampak pada Poto saluran Sub bangun Patrol dipenuhi oleh sampah rumah tangga, dan sampah plastik.

Perilaku buruk membuang sampah tidak pada tempatnya apa lagi di saluran air secara tidak sadar perilaku itu dibayar mahal, pasalnya dengan membuang sampah pada sungai akan menjadi sedimentasi/ pengendapan pada sungai yg ber impact terhadap cepatnya proses pendangkalan, sudah barang tentu aliran air akan terhambat dan sebagamana kita tau untuk mengoptimalkan aliran air pada sungai harus dilakukan normalisasi yang menghabiskan anggaran tidak sedikit.

“Di kegiatan Bersih-bersih sedunia ini atau World Clean Up Day, di jadikan momentum sekaligus menghimbau kepada masyarakat umum untuk senantiasa membuang sampah pada tempatnya . Sehingga kedepannya tidak ada lagi Sungai yg di penuhi oleh sampah, apa lagi Sungai yang fungsinya untuk mengaliri Pertanian” Pungkasnya Camat Patrol Bapak Teguh Budiarso, S.Sos.,M.Si mengakhiri kegiatan ini