Hadiri Acara Ngunjung Ki Buyut Jaka Dolog, Masyarakat Antusias Sambut Bupati Indramayu

DISKOMINFO INDRAMAYU – Masyarakat beberapa desa di wilayah Kecamatan Indramayu yaitu Desa Pabean Udik, Desa Karangsong, Desa Tambak, Desa Brondong serta sekitarnya mengadakan acara kebudayaan Ngunjung Ki Buyut Jaka Dolog sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan penghormatan kepada para leluhurnya.

Bertempat di sekitaran Makam Ki Buyut Jaka Dolog, acara Ngunjung Ki Buyut Jaka Dolog yang dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Adat Desa, Festival Budaya Bermartabat, dan Festival Jajanan Rakyat Desa digelar pada Sabtu (17/9/2022).

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar berkesempatan menghadiri secara langsung acara Ngunjung Ki Buyut Jaka Dolog. Antusiasme masyarakat sangat terlihat ketika menyambut kehadiran orang nomor satu Indramayu ini.

Dalam acara tersebut, Bupati Indramayu Nina Agustina hadir didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu Tri Nani R, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu Asep Abdul Mukti, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Kimrum) Kabupaten Indramayu Aep Surahman dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Teguh Budiarso.

Turut hadir pula Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Ady Setiawan, Ketua KUD Mina Sumitra, Dirut PT. Anugrah Illahi, Camat beserta Forkopimcam Indramayu, serta Kuwu/Lurah se-Kecamatan Indramayu

Setelah dua tahun acara kebudayaan tersebut tidak dapat dilaksanakan dengan meriah akibat oleh pandemi covid-19, tahun ini acara kembali diadakan seperti sebelumnya bahkan terlihat lebih meriah. Terkait dengan hal tersebut, Bupati Nina Agustina dalam sambutannya mengajak masyarakat yang belum melakukan vaksin booster untuk segera dilakukan, agar masyarakat tetap sehat dan dapat berkumpul.

“Kita harus ingat, 2 tahun yang lalu kita tidak bisa mengadakan acara seperti ini, tidak bisa berkumpul dan saya tidak bisa bertemu dengan masyarakat. Untuk itu bagi yang belum melakukan booster, segera melakukan vaksin booster agar kita sehat dan aman untuk berkumpul,” ajaknya.

Selanjutnya Bupati Nina berharap acara Ngunjung Ki Buyut Jaka Dolog selain dalam rangka melestarikan kebudayaan, juga dapat memberikan hal positif termasuk dalam hal pergerakan roda perekonomian.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan hal positif termasuk dalam hal menggerakkan roda perekonomian. Perlu diketahui bersama bahwa Kabupaten Indramayu kaya akan sumber daya alamnya. Terdapat laut, pertanian dan juga kita harus bisa melestarikan kebudayaan di Indramayu,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nina memberikan dana bantuan rehab mushola. Selain itu Bupati juga menginformasikan akan ada pemugaran area makam pada tahun ini.

“Alhamdulillah akan ada bantuan rehab mushola sebesar 5 Juta Rupiah dan juga tahun ini area makam Buyut Jaka Dolog mendapat bantuan dari APBD untuk pemugaran disekitar area makam,” katanya.

Sementara itu Juru Kunci Makam Ki Buyut Jaka Dolog, Abdullah menjelaskan asal mula petilasan makam Ki Buyut Jaka Dolog. Selain itu dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu atas perhatian dan bantuan yang diberikan.

“Seluruh panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati Indramayu atas perhatian dan bantuannya. Saya berharap untuk kedepannya, Makam Ki Buyut Jaka Dolog bisa menjadi destinasi wisata” ujarnya. (Isnaini/MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

TERBARU

IMG-20231012-WA0013
Bupati Indramayu Nina Agustina Pastikan Layanan Publik di Kecamatan Pasekan Berjalan Prima
IMG-20231012-WA0004
Kopdar Tim Rescue Ciptakan Kesiapsiagaan Relawan Indramayu
IMG-20231012-WA0002
Penutupan Pameran Pembangunan Meriah dan "Sesek Dumpel"
IMG-20231011-WA0040
Tinjau Infrastruktur di Kecamatan Krangkeng, Bupati Nina : Komitmen Membangun Infrastruktur
IMG-20231011-WA0038
2 Juta Liter Air Bersih Didistribusikan di Wilayah Kecamatan Krangkeng
Scroll to Top